Dah LAwat!!APe LAgi FOLLOW la....

Maafkan saudara ini

Sunday, September 19, 2010




Sahabatku yg dirakhmati Allah Ta’Ala,
Dalam hidup ini, kita sebagai mahluk sosial yg selalu berhubungan dan berkomunikasi dengan orang-orang disekitar kita, pastilah pernah mengalami gesekan-gesekan berupa konflik maupun pertengkaran. Ada-ada saja yg menjadi penyebabnya…
Dengan catatan sederhana ini, saya akan mencoba mengupas sedikit hal tersebut.

Sahabatku, dikala kita sedang terlibat suatu konflik dengan seseorang, apalagi orang itu masih saudara seiman, serta terlepas dari benar atau tidaknya kita dalam kasus tersebut, mengapa kita tidak mencoba untuk menjadi pihak yg lebih dahulu mengucapkan kata maaf..? Memang kedengarannya seperti mengalah, namun mengapa tidak..?

M-A-A-F.. Satu kata yg ajaib . Kata yg mampu melunakkan hati yg keras seperti batu namun bisa jadi tidak berarti apa-apa bagi mereka yg sudah biasa mendengarnya. Bahkan tetap saja kata ini disalahartikan jelek bagi mereka yg hatinya sudah terbakar amarah dan benci.. Astagfirullah Al adziim..

Sahabatku yg dikasihi Allah Ta’Ala,
Tahukah sahabat, bahwa banyak faedah dan keuntungan yg dapat diperoleh jika kita menjadi pihak yg lebih dahulu meminta maaf dan memberikan maaf . Manfaat itu diabadikan dalam Al Qur’an, pedoman hidup kita, yaitu antara lain :

1. Jika engkau lebih dahulu meminta maaf dan memberikan maaf, maka Allah Ta’Ala akan mengampuni dosa-dosa mu, sebagaimana kutipan ayat Al Qur’an berikut ini :

“…dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu ? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. An Nuur (24): ayat 22)

SubhanAllah… Hayoo.. siapa yg mau diampuni dosa-dosanya..? Jadilah yg pertama meminta maaf sekaligus memberikan maaf meskipun masih terasa sakit hati ini dan gengsi rasa ini, namun jika balasannya adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah Ta’Ala.. mengapa tidak..?

2. Allah Ta’Ala memasukkan perbuatan memberikan maaf itu sebagai salah satu perbuatan yg diutamakan , sebagaimana isi ayat al Qur’an berikut :

“Tetapi orang yg bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yg demikian itu termasuk hal-hal yg diutamakan ”(QS. Asy Syura (42) : ayat 43)

3. Jika engkau lebih dahulu meminta maaf dan memberikan maaf, maka Allah Ta’Ala memasukkan mu ke dalam golongan orang2 yg bertaqwa, dan tahukah engkau apa balasannya wahai sahabat..? Syurga yg luasnya seluas langit dan bumi… SubhanAllah… Allahu Akbar… Seperti yg tercantum dalam ayat Al Qur’an berikut ini :

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang , Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS. Ali Imran (3) : ayat 133-134)
Jadi sahabatku, lepaskanlah rasa gengsimu, buanglah jauh-jauh rasa sakit di hati, belajarlah jadi orang yg pemaaf dan yg segera meminta maaf serta menjadi orang yg mampu menahan amarahnya. Jika kemudian balasannya adalah diampuni dosa-dosamu dan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yg bertaqwa serta Allah Subhan Hu Wa Ta’Ala menjanjikan pula syurga yg luasnya seluas langit dan bumi… Lalu apalagi kah yg lebih dari itu…??


Mari meminta maaf… mari memberikan maaf… dan mari belajar menahan amarah.


Sahabatku yg dirakhmati Allah Ta’Ala,
Catatan sederhana ini kutujukan bagi diriku pribadi yg masih lemah dan lalai dalam hidup ini, semoga bermanfaat pula bagi sahabatku yg membacanya… InsyaAllah.

0 komen:

Post a Comment

Musiz Roller!!


Selena Gomez - Who Says
Mp3-Codes.com